Add On Mozila Firefox

7.9.14
Browser merupakan aplikasi penjelajah di dunia maya, banyak sekali jenis aplikasi ini, sebut saja Mozaik, Internet eksplorer, Opera, Mozila Firefox, Flock, Opera, Chrome dan masih banyak lagi. Semua browser mempunyai kelebihan dan kekurangan. Ada jenis browser yang mengklaim paling cepat, palng gegas, paling ringkas, paling ringan dengan berbagai teknologi internet di benamkan di dalamnya. 


Apapun jenis browsernya, kita ingin berselancar di dunia maya aman dan cepat. Dalam sebuah computer baik di PC atau Notebook biasanya sudah tertanam browser minimal Internet eksplorer untuk OS Windows. Bahkan beberapa pengguna mengistall browser lebih dari satu, bias saja untuk perbandingan atau hanya untuk sekedar mecicipi kelebihan dan kekurangan sebuah browser. Saya sendiri menggunakan beberapa jenis browser. Antara lain, Chrome, Flock, Internet Eksplorer (itu kan sudah tertanam di system) Opera dan safari, mumpung gratis semuanya heheheheh.

Akhir-akhir ini saya enjoy menggunakan Mozila firefox, untuk browsing, googling, searching dan berbagai aktifitas di dunia internet. Sedangkan untuk Social Networking saya gunakan Flock. Browser flock ini cukup bagus untuk mencari pertemanan, upload gambar sangat mudah, karena sudah disediakan fasilitas. Tapi kali ini tidak akan membicarakan Flock, lain waktu saja.

Mozilla Firefox merupakan browser powerful nama awalnya adalah Phoenix merupakan penjelajah dunia gratis digunakan oleh berbagai operasi system dan platform. sampai saat ini, ketika artikel ini ditulis sudah mencapai versi stabil yaitu 3.6.13 dan sdang dikembangkan versi beta sampai 4.0 beta 7. Sampai dengan versi stabil 3.6.13 penjelajah ini sangat gegas dengan tampilan yang ringkas. Bahkan browser ini dapat ditambahkan script – add on kedalamnya sehingga lebih powerful.

Pengalaman penulis dalam menggunakan Mozila sangat mengesankan, apalagi ditambah dengan add on yang memang sangat dibutuhkan ketika kita bekerja seperti upload foto, download video, melihat foto-foto secara instan tanpa membuka foto di facebook, mengunduh album foto di facebook dan laoin sebagainya.

Di bawah ini penulis sarankan untuk menggunakan add on Mozilla firefox. Ada sepuluh add on yang perlu dibenamkan ke dalam browser berlambang rubah yang sedang mengulung ekor ini.
1. Face PAD, merupakan add on yang khusus bekerja di lingkungan Facebook , fungsi dari add on ini adalah untuk mengunduh album foto sahabat kita secara keseluruhan. Setelah terinstal di firefox, dan kita ingin mengunduh foto album, tinggal click kanan kemudian ikuti beberapa perintah, dalam beberapa hitungan maka seluruh foto-foto di album tersebut sudah pindah ke computer kita.

2. FaceTweak, merupakan add on yang sangat bagus. Dilengkapi dengan berbagai Tool untuk men tweak facebook anda. Mulai dari menampakan foto thumbnail menjadi foto yang besar, hanya dengan menggeserkan mouse ke arah gambar maka di pojok kiri atau kanan atas akan tampil foto dalam ukuran sesungguhnya. Dalam pengaturannya ada beberapaTab Tweak diantaranya General, Social, Media dan Style. Semuanya akan memberikan sense yang berbeda terhadap performance facebook kita.

3. Download Status Bar, merupakan Add on yang berfungsi untuk mengganti default status download firefox.Dengan Pengaya ini semua download akan ditampilkan pada status bar

4. PrintPDF, Add On mengijinkan untuk mencetak halaman web ke format Pdf. Pengorpasiannya sangat mudah. Setelah kita mengunduh dan menginstal add on ini kemudian restart firefox., lalu buka sebuah website. Kemudian klik menu File di sub menu akan muncul menu Print to PDF. Setelah click menu tersebut akan muncul jendela untuk menyimpan halam tersebut dalam bentuk pdf. Menarik bukan!. Jadi kalo kita ingin menyimpan halaman web tidak perlu menggunakan Save as, lagi. Dan ukuran file nya juga kecil karena dalam bentuk pdf.

5. Pixlr Grabber, merupakan add on yang berfungsi untuk menangkap gambar dimonitor, dan dapat mengcopy menyimpan bahkan mengedit nya. Hanya dengan click kanan.
 
6. 1-click You Tube Video Download, dalah satu add on yang mempunyai fungsi untuk mengunduh file video dalam berbagai format, FLV, 3GP and MP4. Setelah terinstal dan ketika membuka situs www.youtube.com pada bagian video yang dsitampilkan maka akan muncul ikon seperti ini, tinggal pilih format files video.

7. Greasemonkey, dengan add on ini bersama dengan script dari javaScript membuat firefox lebih cepat dan lebih style, ada ratusan script yang dapat diambil dari http://userscripts.org. yang bias dilakukan dengan add on ini bisa memblock iklan, membuat beberapa tweak di facebook dan masih banyak lagi

8. AdBlock Plus Pop-Up, add on ini berfungsi untuk memblock semua iklan dan pop up yang muncul.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar